Selasa, 15 September 2009

Wi-Fi 802.11n sudah di Release


Setelah menunggu lama, akhirnya teknologi Wi-Fi jenis "n" sudah resmi diluncurkan dimana sebelumnya masih sebatas "draft".


Bagi anda yang ada rencana untuk membeli Router, notebook atau lainnya yang berhubungan dengan koneksi Wi-Fi kami sarankan untuk menunggu sebentar lagi untuk memiliki produk dengan sertifikasi 802.11n yang resmi.

Keuntungan dari 802.11n adalah kecepatan transfernya yang bisa mencapai 600 Mbps, bandingkan dengan 802.11g hanya 100 Mbps.


Walaupun sebenarnya sudah banyak alat yang mendukung 802.11n tetapi sebenarnya itu masih belum resmi dan boleh dibilang belum optimal dibandingkan dengan produk yang nantinya sudah bersertifikasi "n" secara resmi.

Tetapi jangan kuatir kok, tergantung produsen alat yang bersangkutan, kemungkinan besar kita bisa mengup-grade firmwarenya dari "Draft N" ke "N" yang resmi.


Dan bagaimana dengan rencana upgrade itu sendiri? Perlukah kita meng-upgrade dari versi b/g ke n? Sebenarnya tergantung kebutuhan, kalau selama ini anda sudah merasa cukup maka tidak perlu, sebaliknya kalau memang koneksi Wi-Fi biasa anda gunakan untuk nonton film, mungkin ini perlu dilakukan.

Yang harus diingat, upgrade router dari jenis b/g ke "n" tidak akan berguna bila notebook atau komputer anda tidak diup-grade ke "n" juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar