Rabu, 02 Maret 2011

Ilmuwan Temukan Asal Mula Mitos Dewa Zeus




Ilmuwan mengklaim telah menemukan tempat kelahiran dewa bangsa Yunani Zeus. Tim ilmuwan Yunani dan Amerika meneliti tempat pemujaan kuno bangsa Yunani di gunung Lykaion yang dianggap sebagai tempat kelahiran "Zeus".

Tim ilmuwan yang menggali di tempat itu menemukan media pemujaan dari masa tiga ribu tahun lalu. Tempat itu disimpulkan sebagai lokasi kemunculan awal Dewa Zeus di Yunani.

Penemuan itu bertentangan dengan catatan sejarah yang menyebut pemujaan terhadap Zeus dimulai di Pulau Crete. Pulau Crete selama ini oleh sejarawan disebut sebagai tempat lahirnya mitologi dewa-dewa.

Penemuan di gunung Lykaion di provinsi Arcadia itu, setua dengan kepercayaan pada Zeus, kata peneliti senior David Romano dari University ofPennsylvania.

“Bukti baru ini menunjukkan mereka melakukan pesta minum di puncak gunung di masa Helladic akhir sekitar 3.300 atau 3.400 tahun lalu,” kata Romano.

Zeus merupakan figur paling utama dalam mitologi Yunani. Dia adalah penguasa Gunung Olympus, dewa angkasa yang tidak bisa mati sama seperti Athena, Apollo, Heracles, Aphrodite dan Helen of Troy.

Penggalian di Gunung Lykaion itu ditemukan 50 tempat minum. Selain itu juga ditemukan bagian tubuh manusia dan binatang, serta domba terbakar bersama tulang kambing. Wilayah itu bagi sejarawan Yunani kuno disebut sebagai reruntuhan altar Zeus.

Artifak itu dihubungkan dengan upacara kaum Mycenaean. Kaum ini mendiami wilayah Yunani sekitar 3.000 hingga 4.000 tahun lalu.

Altar di puncak Mycenaean sangat langka. Catatan sejarah menyebut upacara di Gunung Lykaion untuk memberikan penghormatan pada Zeus.

http://www.menarik-unic.co.cc/2011/02/ilmuwan-temukan-asal-mula-mitos-dewa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar