Minggu, 30 Mei 2010

Seagate Momentus XT Solid State Hybrid Drives

Seagate baru saja meluncurkan hardisk terbarunya yaitu Momentus XT Solid State Hybrid Drives yang merupakan sebuah hardisk jenis Hybrid yang menggabungkan teknologi SSD dengan hardisk biasa.

Di dalamnya terdapat 2 metode penyimpanan yaitu penyimpanan biasa yang ada di hardisk dengan menggunakan sistim putar 7200 RPM dan sebuah SSD dengan kapasitas 4 GB.


Prinsip dari penggabungan ini yaitu untuk menghasilkan loading lebih cepat sampai 80% dibandingkan hardisk sejenis. Hal ini bisa tercapai karena semua aplikasi yang sering digunakan seperti Windows diletakkan di SSD untuk loading lebih cepat.

Sistim yang ada dapat memonitor aplikasi yang sering digunakan sehingga untuk aplikasi tersebut akan diletakkan di SSD.

Momentus XT Solid State Hybrid Drives merupakan hardisk berukuran 2,5 inch dan digunakan khusus untuk pemakaian di notebook/ netbook.

Kabar baiknya, dengan jenis hybrid ini, untuk kapasitas 500GB dijual dengan harga US$ 155 (sekitar Rp. 1,5 juta) dimana jauh lebih murah dibandingkan beli SSD tetapi memang lebih mahal sekitar 3 kali lipat dibanding hardisk biasa.

Lihat videonya deh, bagaimana hardisk Momentus XT ini lebih cepat dibanding hardisk biasa walaupun tetap lebih lambat dibanding SSD.




sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar